PASARAN JASA PENGACARA

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa proses perceraian di pengadilan, tidaklah harus menggunakan jasa pengacara. Umumnya orang yang menggunakan jasa pengacara adalah:

  • Orang yang memerlukan keahlian ilhum hukum seorang pengacara untuk keberhasilan tuntutan-tuntutannya;
    Banyak orang yang berperkara cerai menginginkan tuntutannya dikabulkan. Dikarenakan seorang pengacara dianggap ahli di bidangnya maka tidak jarang orang menggunakan jasa pengacara untuk agar tuntutanya dikabulkan hakim.
  • Orang yang sibuk

    Proses persidangan cerai di pengadilan lumayan rumit dan panjang. Konsep pembuatan surat-surat selama persidangan memerlukan tata cara, format dan aturan khusus. Oleh karenanya jika orang yang mau berperkara tidak mau susah-susah membuat surat-surat tersebut maka ia bisa menggunakan jasa pengacara. Selain itu, proses sidangnya cukup memakan waktu, bisa mencapai 4-6 bulan. Bagi seorang yang sibuk atau seorang karyawan maka cukup sulitnya baginya meluangkan waktu untuk bersidang yang hampir terjadi setiap minggu, oleh sebab itu jasa pengacara merupakan pilihannya.

  • Orang yang punya dana

    Dengan kata lain, orang yang ‘punya uang’. Jasa pengacara relatif mahal. Mungkin karena pengacara adalah profesional maka tentu pergi sidang ke pengadilan merupakan pekerjaannya. Para pengacara sangat terbiasa bolak-balik ke pengadilan mengurus perkara-perkara masalah hukum. Mereka menempuh sekolah khusus untuk gelar Sarjana Hukum, dan setelah lulus mereka menjadi seorang profesional. Oleh sebab itu fee/biaya jasa pengacara tergolong mahal.


Penulis dapat menelaah pasaran jasa pengacara perceraian, sebagi berikut:

  • Pasaran biaya jasa pengacara yang dianggap relatif murah Rp 6jt sampai Rp 8jt

    Bagi pengacara yang mematok fee jasa pengacara kisaran tersebut di atas maka dapat dikategorikan relatif “murah”. Penulis sarankan agar orang yang mau menggunakan jasa pengacara di kisaran harga ini sebaiknya menanyakan ruang lingkup pekerjaanya sejauh apa, karena dikawatirkan lingkup kerjanya terbatas dan mungkin saja belum termasuk biaya pendaftaran perkara dan biaya-biaya lain yang dikenakan di pengadilan.

  • Pasaran biaya jasa pengacara yang relatif ‘menengah’ Rp 10jt sampai Rp 15jt

    Fee pengacara kisaran harga tersebut relatif ‘lumayan’. Pengacara yang menarifkan diangka itu biasanya pengacara yang sudah berkantor tetap/ruko. Mereka umumnya menetapkan biaya jasanya berdasarkan tingkat kesulitan perkara. Bilamana banya tuntutan/permibtaan dalam gugatan kliennya (perkara tergolong rumit) maka harga jasa tersebut tergolong wajar.

  • Pasaran biaya jasa pengacara di atas Rp 20jt

    Biaya jasa pengacara Rp 20jt ke atas umumnya syarat dengan tingkat kesulitan perkara/tuntutan yang tinggi, contohnya: salah satu pihak tidak setuju bercerai/perebutan hak asuh anak/tidak ada akta nikah/tuntutan harta bersama/masalah waris/hibah/kesepakatan dan perjanjian diluar pengadilan, dll, dsb.

Biaya-biaya tersebut di atas hanyalah gambaran saja, tentunya setiap kantor pengacara mempunyai ketetapan tarif jasanya masing-masing. Bahkan terkadang penggunaan jasa pengacara di jaman sekarang seperti membeli baju bermerk untuk mendapatkan gengsi tertentu.


Selain itu perlu diketahui bahwa jasa pengacara umumnya juga ditentuan berdasarkan perhitungan-perhitungan biaya gaji para pegawainya, oprasionalnya, transportnya, waktu yang digunakan (bagi pengacara, “waktu adalah uang”) dan tentu “ilmu”-nya. Para pengacara adalah para profesional murni yang (umumnya) handal dan ahli pada bidangnya tersebut.


Saran penulis, bagi orang yang memerlukan jasa pengacara untuk mewakilinya dalam persidangan cerai maka carilah pengacara yang spesialis hukum keluarga/perceraian. Karena proses perkara ceraian itu cukup komplex dan rumit, dengan menggunakan jasa pengacara yang berspesialis hukum keluarga maka tata cara dan pengalamannya sangatlah membantu anda dalam proses persidanganya di pengadilan.


Konsultasi Perceraian Langsung

BBM / Pin BB 274F301C
HP 0878.7872.2282
Berbayar